July 7, 2022

Lembaga Penjaminan Mutu

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

Bangun Kesepahaman Mutu lewat Bimtek AMI

Setelah keluarnya SK Rektor nomor 012/IDIA/I.2/II/2022 tentang pelaksanaan audit mutu internal (AMI) tahun akademik 2021/2022, LPM laksanakan Bimtek AMI kepada manajemen, auditi dan auditor di lingkungan IDIA. Selasa (15/2)

Bimtek yang digelar di ruang rapat IDIA ini menitikberatkan pada sosialisasi mekanisme pelaksanaan AMI untuk tahun ini. Terlebih, tahun ini diharapkan semua prodi bisa menemukenali dirinya untuk pengembangan di masa-masa yang akan datang.

“Pada AMI tahun ini sebagai upaya menjaga mutu IDIA, tahun ini akan difokuskan ke pada prodi, sesuai dangan penetapan Rektor. Jika tahun depan Rektor menginginkan semua unit diaudit, maka kita harus siap” ungkap Ahmadi, selaku Ketua LPM saat memaparkan materi bimtek.

Dalam penetapannya, Rektor menugaskan tujuh tim auditor internal IDIA yang sudah lulusa dalam pelatihan yang sudah digelar sebelumnya.

“Kami sudah bentuk tim auditor sebanyak tujuh kelompok seperti yang tercantum dalam SK Rektor” tambah Faizun Najah, sekretaris LPM yang juga Panitia AMI tahun akademik 2021/2022.

Sebagai informasi, AMI tahun ini dilaksanakan sejak tanggal 12 Februari sampai dengan 24 Maret 2022. Dengan berbagai agenda yang harus dilakukan auditi dan tim auditor yang sudah ditetapkan.

Diskusikan Mutu IDIA

Selain dilaksanakan bimtek AMI, dalam kesempatan ini juga didiskusikan tentang peningkatan mutu IDIA dan prediksi akreditasi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) ataupun BAN-PT.

Dalam paparannya LPM menyampaikan prediksi akreditasi setiap prodi. Dalam data tersebut, diprediksi prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) akan diakreditasi atau melakukan pepa pada tahun 2023, bersamaan dengan akreditasi prodi Ekonomi Syariah yang baru saja mendapat izin operasional pada tahun 2021.

“Prodi KPI harus siap-siap, data mulai dipantau dari sekarang, bisa akan melalui PEPA, karena masih belum adal LAM-nya. Sedangkan prodi Ekonomi Syariah harus akreditasi. Itu harus disiapkan” ungkap Ketua LPM.

Seperti diketahui sudah ada aturan tentang pemberlakukan akreditasi melalui LAM. Saat ini, prodi-prodi di IDIA yang sudah ada LAM-nya adalah LAMDIK, yang mengelola akreditasi bidang pendidikan, serta LAMEMBA, bidang ekonomi, manajemen dan bisnis dan akuntansi untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan lainnya masih akreditasi kepada BAN-PT