August 18, 2022

Lembaga Penjaminan Mutu

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

Begini Upaya LPM untuk Kuatkan Proses Evaluasi di IDIA

Sadar akan pentingnya evaluasi dalam implementasi sistem penjaminan mutu di IDIA, LPM gelar pelatihan calon auditor mutu internal pada Senin – Selasa (27-28/12). Kegiatan yang diawali dengan rekrutmen calon peserta ini diharapkan bisa menghasilkan auditor-auditor mutu internal yang andal dan bisa membantu proses evaluasi sebagai salah satu siklus SPMI yang harus dilalui oleh IDIA.

Dalam pelatihan yang dihelat selama dua hari ini, Rektor IDIA, Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA saat membuka acara menyampaikan bahwa para auditor mutu internal merupakan mitra kerja Prodi dan unit-unit kerja di IDIA dalam mengenali dan mengembangkan mutu pendidikan di IDIA.

Kegiatan yang dilaksanakan di penghujung tahun 2021 ini diisi dengan materi berupa teori dasar audit mutu internal, perencanaan dan pelaksanaan audit mutu internal, serta mengelola rapat tinjauan manajemen.

“Audit mutu internal merupakan salah satu upaya menemukenali mutu perguruan tinggi” ungkap Agus Budiono, M.Pd., Dosen Universitas Islam Madura, Pamekasan, selaku salah satu pemateri dalam pelatihan ini.

Lebih lanjut Pelatih SPMI Kemendikbud ini menyampaikan bahwa audit mutu internal dilakukan berdasarkan siklus SPMI serta penugasan atau permintaan Pimpinan Institusi. Hal ini disebabkan audit mutu internal merupakan salah satu rangkaian atau siklus yang harus dilakukan perguruan tinggi untuk menjaga mutunya.

Pelatihan Hari Kedua

Selain dibekali teori, peserta juga dilatih menggunakan formulir daftar tilik, temuan audit dan laporan audit mutu internal. Untuk memberikan pengalaman dalam melakukan audit, peserta diberi kesempatan melakukan praktik audit ke beberapa program studi di IDIA pada hari kedua.

“Banyak manfaat dan ilmu yang kami terima dalam kegiatan ini” ucap Faradis, salah satu peserta pelatihan.

Dalam pelatihan ini, tercatat ada 23 peserta dari empat fakultas yang ada di IDIA. Dari para peserta yang ikut ini akan diseleksi untuk menjadi auditor mutu internal yang akan diterjunkan untuk melakukan audit mutu internal di IDIA.