August 18, 2022

Lembaga Penjaminan Mutu

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

Gelar Diskusi Terpumpun untuk Sosialisasikan IPEPA dan ISK BAN-PT

Sabtu (7/8/21), LPM menginisiasi diskusi terpumpun tentang pemberlakuan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) dan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) BAN-PT. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya penyamaan visi atas pentingnya mutu di lingkungan IDIA.

PEPA lahir setelah diberlakukannya Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi, yang mewenangkan kepada BAN-PT untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pemenuhan syarat peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi.

Dalam prediksi IDIA akan mendapat pemantauan dari BAN-PT mulai tahun 2003 untuk Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, tahun 2024 untuk Prodi Pendidikan Agama Islam, tahun 2025 untuk Prodi Pendidikan bahasa Arab dan Bimbingan & PenyuIuhan Islam, tahun 2026 untuk Prodi Akidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Perbankan Syariah, dan Institusi.

PEPA yang dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni tahap 1 yang diasesmen oleh BAN-PT adalah data prodi atau perguruan tinggu yang ada di PD Dikti. Jika tidak lolos maka akan diasesmen pada tahap 2 berdasarkan Data Kinerja (DK) dan Laporan Evaluasi Kinerja (LEK) prodi dan perguruan tinggi yang dinilai oleh asesor. Sedangkan tahap 3 adalah verifikasi fakta dan kondisi lapangan berdasarkan DK dan LEK yang dilaporkan oleh prodi dan perguruan tinggi.

“Mulai sekarang seluruh fakultas dan prodi agar memperhatikan data-data yang dilaporkan ke PD Dikti. Selain itu perlu ditentukan juga kapan IDIA akan melakukan reakreditasi dan pengajuan ISK

” pesan Dr. KH. Muhtadi Abd. Mun’im, MA.

Dalam kesempatan ini juga dilaporkan rencana tindak lanjut Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam atas rekomendasi asesor pascapelaksanaan asesmen lapangan.

“Kami berencana melakukan reakreditasi setelah dua tahun terbitkan peringkat akreditasi prodi PBS”ungkap DR. KH. Holilur Rahman, S.HI., M.H.I, Dekan FEBI saat mempresentasikan RTL-nya.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan dokumentasi Tim Akreditasi Prodi Perbankan Syariah kepada Rektor IDIA.

Hadir dalam acara tersebut Rektor, para Rakil Rektor, Para Dekan, Para Wakil Dekan, Para Kaprodi, Admin Fakultas, Admin EMIS dan BAAK.