August 18, 2022

Lembaga Penjaminan Mutu

Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

Prodi Perbankan Syariah Tinggal Selangkah Lagi

Alih status IDIA dari institut ke universitas bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, langkah-langkah strategis yang disusun mulai menampakkan hasilnya. Hal ini dibuktikan dengan usaha pembukaan program studi baru, salah satunya Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Prodi yang berorientasi mencetak ekonom di bidang perbankan syariah ini sudah menampakkan titik terang keberadaanya. Hal ini ditandai dengan studi kelayakan dan visitasi dari pihak pemerintah. Kamis, 25 Mei 2017, Prodi tersebut divisitasi oleh Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag, dan Muhammad Ali, SS.

Dalam rangkaian visitasi tersebut, Rektor IDIA, Dr. KH. Ghozi Mubarok, MA menyampaikan bahwa IDIA dan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sudah lama mengiginkan prodi ini, sebagai salah satu bentuk pengejewantahan ekonomi islam di Indonesia, khususnya Madura, dan pondok sendiri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan prodi-prodi di bawahnya kelak, diharapkan menjadi basis teoritis yang kuat sebagai pondasi ekonomi Islam di Indonesia.

Lebih lanjut doktor bidang tafsir al-Qur’an ini menyampaikan bahwa sebenarnya sejak tahun 2014, rancangan dan pembukaan prodi ini sudah digagas oleh IDIA, dan alhamdulillah tahun ini terealiasi dan mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk divisitasi.

Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag, selaku Visitor yang diutus menyampaikan pentingnya pengembangan kurikulum berbasis KKNI, yang mengedepankan kompetensi, hingga akhirnya para lulusan IDIA menjadi alumni yang andal, serta kita perguruan tinggi bisa mengeluarkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

“Saya juga sudah lama menjadi bagian dari Kopertais, dan ikut mengembangkan Prodi ini, jadi saya tahu keberadaan perguruan tinggi swasta” imbuh Wakil Rektor 1, Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini disambut tepuk tangan para hadirin.

Prodi ini sudah memiliki komitmen kerjasama dengan beberapa perbankan syariah di Madura, yakni BRI Syariah Pamekasan, BNI Syariah Sumenep, dan BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Rekanan yang hadir dalam kesempatan visitasi tersebut adalah Pimpinan Kantor Cabang BRI Syariah Pamekasan. Dalam kesempatan akademik ini hadir pula  dosen-dosen tetap yang akan membina prodi dan para civitas akademika IDIA.

“Kami sudah lakukan persiapan secara maksimal, dengan harapan bisa mendapat nilai yang maksimal pula” Ungkap Ust. Mujibno, M.E.I, selaku Dekan FEBI.

Saat ditanya bagaimana kemungkinan menerima mahasiswa baru prodi Perbankan Syariah ini pada bulan Syawal yang akan datang, pihaknya berharap izin sudah ditangan saat prosesi penerimaan mahasiswa baru IDIA tahun ini.

“Dalam momentum penerimaan mahasiswa baru tahun ini, kami berharap sudah bisa menerima mahasiswa baru, sehingga mulai tahun akademik 2017-2018 prodi ini sudah eksis dan melakukan proses pendidikan.” tambah pengelola PT. Mutiara Alpen ini.